forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 13th June 2019, 12:31 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Shinzo Abe ke Teheran Ditengah Ketegangan AS-Iran

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah meminta Iran untuk memainkan peran dalam memastikan perdamaian di Timur Tengah.

Abe berada di Teheran, berharap dapat meredakan ketegangan antara Iran dan AS.

Dia adalah perdana menteri Jepang pertama yang mengunjungi Iran dalam empat dekade dan akan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei.

Iran telah marah dengan menyapu sanksi AS yang diberlakukan setelah Presiden Trump meninggalkan kesepakatan di mana Iran setuju untuk mengekang program nuklir mereka.

Apa yang terjadi?
Lusinan mahasiswa garis keras memprotes di luar Bandara Internasional Mehrabad Teheran atas upaya Abe untuk meredakan ketegangan antara AS dan Iran.

Abe disambut oleh Presiden Iran Hassan Rouhani dan mereka mengadakan pembicaraan, sebelum memberikan konferensi pers bersama di mana pemimpin Jepang menyerukan agar tenang di wilayah tersebut.

"Di tengah meningkatnya ketegangan, penting bagi Iran untuk memainkan peran konstruktif dalam memperkuat perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah, sehingga kawasan ini tidak akan menjadi tidak stabil lagi atau bentrokan tidak disengaja tidak akan terjadi," kata Abe.

Mr Rouhani mengatakan bahwa Iran tidak ingin konflik dengan AS tetapi bahwa itu akan memberikan "tanggapan yang menghancurkan" jika itu diserang.

Mengapa Abe pergi ke Iran?
Secara resmi, Jepang dan Iran menandai peringatan 90 tahun hubungan diplomatik mereka tahun ini.

Jauh lebih penting adalah bahwa perjalanan itu dilakukan tidak lama setelah Presiden AS Donald Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Jepang, sekutu penting AS.

Hubungan AS dengan Iran menukik karena penarikan Washington dari perjanjian nuklir 2015 atas program nuklir Iran.

Ketegangan semakin meningkat ketika AS mengirim kapal induk ke wilayah itu, menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi militer.

Ada harapan bahwa Abe mungkin dapat terlibat dalam diplomasi antara kedua belah pihak, menekan ketegangan dan membuat mereka berbicara satu sama lain.

Hanya satu hari sebelum berangkat, perdana menteri Jepang berbicara kepada Trump di telepon dan bertukar pandangan tentang Iran, juru bicara Abe mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa.

Apa kesepakatan nuklir Iran?
Pada dasarnya, pada 2015 Iran setuju untuk membatasi program nuklirnya dengan imbalan sanksi dicabut.

Kesepakatan itu dilakukan di bawah pemerintahan Obama, dan Trump menarik diri darinya tahun lalu.

AS menerapkan kembali sanksi sepihak sementara penandatangan lainnya pada kesepakatan 2015 - seperti Uni Eropa, Rusia dan Cina - masih berharap untuk menjaga perjanjian itu tetap hidup.

Sebagai balasan atas sanksi yang dipulihkan oleh AS, Iran bulan lalu mengumumkan akan menangguhkan beberapa komitmen.

Pada hari Selasa, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan Iran meningkatkan produksi uranium yang diperkaya meskipun tidak jelas kapan akan mencapai batas yang ditetapkan berdasarkan kesepakatan 2015.

Mengapa itu penting bagi Jepang?
Tokyo tidak pernah menjadi bagian dari perjanjian Iran tetapi itu tidak berarti itu tidak terpengaruh.

Jepang dulu mengimpor minyak dari Iran. Menyusul sanksi baru AS, negara itu membungkuk ke Washington dan menghentikan impor itu.

"Jepang mendukung perjanjian 2015 dan tidak senang bahwa AS menarik sumbat dan berpikir itu adalah kesalahan yang sangat besar," jelas Profesor Jeff Kingston, direktur Studi Asia di Universitas Kuil Tokyo.

"Tapi itu tidak memiliki suara nyata dalam masalah ini, jadi ketika AS menjatuhkan sanksi itu tidak mengherankan bahwa Jepang mengikuti."

Sementara Tokyo dapat melakukannya tanpa minyak Iran untuk saat ini, setiap konflik di Timur Tengah mungkin akan menaikkan harga minyak dan itu secara alami akan banyak mempengaruhi Jepang.

Sejak akhir Perang Dunia II, Jepang selalu mengejar apa yang dijuluki kebijakan luar negeri omni-directional.

Apa artinya bagi Timur Tengah adalah bahwa Tokyo berusaha untuk berbicara dengan semua orang, tetap berteman dengan semua orang, untuk memastikan itu masih bisa mendapatkan minyak.

Bisakah Jepang menjadi penengah antara AS dan Iran?
Para pengamat meragukan bahwa Abe memiliki banyak pengaruh untuk membuat perbedaan.

"Menurut saya, peluang untuk menjadi perantara 'kesepakatan' antara Iran dan AS hampir nol," Profesor Robert Dujarric, kepala Institut Studi Asia Kontemporer di Tokyo, mengatakan kepada BBC.

Sementara tidak seperti Barat, Jepang bebas dari beban sejarah atau agama ketika berbicara dengan Iran, "Abe masih tidak akan dilihat sebagai broker yang jujur ​​oleh Teheran," jelas Mr Kingston.

Seorang mediator yang baik adalah seseorang yang dipandang tidak memihak oleh kedua belah pihak, tetapi Abe dan Trump baru saja bertemu di Jepang dan telah lama membanggakan diri karena persahabatan baik mereka.

"Mengingat hubungannya yang dekat dengan Washington, mengapa Iran menerima bahwa Abe objektif?" Tuan Kingston berkata. "Iran akan melihat Jepang terkait jelas dengan Trump dan aliansi AS."

Oleh karena itu sebagian besar pengamat berharap sangat sedikit dari perjalanan dan pejabat pemerintah juga telah menurunkan harapan.

Pada hari Selasa, media Jepang mengutip sumber pemerintah yang tidak disebutkan namanya mengatakan Abe tidak akan menjadi mediator dan tidak memiliki perbaikan cepat untuk mengakhiri krisis.

Apakah ini akan meningkatkan citra Abe di rumah?
Sebagian besar analis melihat tujuan sebenarnya dari perjalanan dalam agenda domestiknya.

Ini mungkin tidak menghasilkan banyak dalam hal ketegangan AS-Iran, "tapi itu baik untuk Abe," jelas Dujarric. "Ini menunjukkan kepada pemilih bahwa dia adalah negarawan dunia."

Dan itu penting bagi perdana menteri Jepang. Pemilihan untuk majelis tinggi akan datang pada bulan Juli dan ada spekulasi Mr Abe akan memanggil pemilihan umum cepat jika dia yakin dia akan menang.

"Diplomasi internasional adalah bagian dari seni dan teater politik untuk Abe," kata Kingston. "Dia pandai dalam hal itu."

Abe datang ke kantor dengan janji untuk memulihkan Jepang di tengah perasaan bahwa tahun-tahun terbaik negara itu mungkin ada di belakangnya.

Sebagai perdana menteri, ia menggambarkan dirinya sebagai menghidupkan kembali ekonomi dan meningkatkan posisi negara di panggung internasional.

Namun sejauh ini, kegiatan diplomatik internasionalnya telah membuahkan sedikit hasil, kata para ahli.

Tokyo berada di sela-sela negosiasi dengan Korea Utara sementara pembicaraan dengan Rusia mengenai sekelompok pulau yang disengketakan juga terhenti.

Tetapi mengingat bahwa semua masalah diplomatik ini - termasuk ketegangan Timur Tengah - sangat sulit, sebenarnya ada risiko atau kerugian yang sangat kecil untuk perdana menteri Jepang, kata pengamat.

"Dia tidak akan terlihat gagal menyelesaikannya, melainkan mencoba melakukan sesuatu," kata Kingston.

"Kebijakan luar negeri tidak memenangkan pemilihan, tetapi itu membantu membuat Abe terlihat lebih substansial daripada dirinya."
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, iran, itu, jepang, tidak



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
4 Langkah Sederhana Untuk Mengurangi Ketegangan Pada Mata akangaceng Forum Kesehatan 2 10th June 2019 08:50 PM
Ketegangan Perdagangan AS-Eropa dan Sikap IMF Membuat Yen Terdongkrak Yose Trader Blockchain and Cryptocurrency 1 7th June 2019 06:26 AM
Dolar AS Menguat Ditengah Harapan Meredanya Ketegangan Perdagangan Yose Trader Blockchain and Cryptocurrency 1 7th June 2019 03:30 AM
Iran Akan Balas Dendam Jika Menganggap Garda Revolusi Iran Sebagai Teroris Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 8th April 2019 01:04 PM
Ketegangan India-Pakistan: Apa Selanjutnya? Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd March 2019 11:35 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 11:48 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts