forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 4th July 2019, 12:34 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Kelompok Pemberontak Papua Bergabung untuk Merdeka dari Indonesia

Sebuah organisasi kemerdekaan Papua Barat mengklaim telah menyatukan tiga kelompok separatis bersenjata untuk melobi kemerdekaan dari Indonesia dan "mengambil alih negara kita".

Tentara baru akan datang di bawah komando kelompok payung United United Liberation Movement for West Papua (ULMWP), yang dipimpin oleh pemimpin pengasingan Benny Wenda, yang menggunakan cara-cara politik dan diplomatik dalam mendorong kemerdekaan.

Namun, ABC tidak dapat secara independen memverifikasi klaim, yang ditolak oleh perwakilan dari salah satu dari tiga kelompok militan yang menyebut pernyataan itu sebagai "penipuan".

Kelompok pemberontak telah lama bertindak secara sepihak dalam upaya mereka untuk merdeka bagi wilayah itu, yang bulan ini akan menandai 50 tahun sejak menjadi bagian dari Indonesia.

"Secara politis dan militer kita bersatu sekarang. Masyarakat internasional sekarang dapat melihat tanpa ragu bahwa kita siap untuk mengambil alih negara kita," Mr Wenda mengumumkan melalui situs web ULMWP.

"Indonesia tidak bisa lagi menstigmatisasi kami sebagai separatis atau penjahat, kami adalah negara kesatuan militer dan politik yang sah."

Takut akan meningkatnya ketegangan

Papua Barat, yang berbagi pulau dengan Papua Nugini, berada dalam cengkeraman konflik kemerdekaan yang telah berlangsung lama.

Camellia Webb-Gannon, koordinator Proyek Papua Barat di Universitas Wollongong, mengatakan persatuan antara aktivis politik dan militer akan signifikan.

"Untuk pertama kalinya sayap bersenjata sekarang mengatakan kami akan menjawab gerakan politik, ULMWP," kata Dr Webb-Gannon kepada ABC.

"Ini sangat penting karena mereka menunjukkan ... jika kita merdeka, kita tidak hanya akan menjadi kediktatoran militer. Militer akan menjawab para pemimpin politik."

Namun dia juga memperingatkan bahwa perkembangan terakhir dapat memicu ketegangan dengan militer Indonesia, yang memiliki kehadiran kuat di provinsi Papua dan Papua Barat.

Segera setelah anggota gerakan kemerdekaan bersenjata "meningkatkan aktivitas" atau "terlihat memiliki lebih banyak kehadiran" di Papua Barat, "militer Indonesia kemudian akan membuat kehadirannya diketahui", katanya.

"[Serikat baru] juga memberikan tekanan pada komunitas internasional untuk melawan narasi Papua Barat bahwa ya, mereka dapat menjaga diri mereka sendiri, dan ya mereka memiliki hak dan kemampuan untuk menentukan nasib sendiri dan memerintah sendiri", Dr Webb-Gannon berkata.

"Atau untuk meminta pertanggungjawaban Indonesia dan mengatakan kepada Indonesia, 'apa yang kamu lakukan, mengapa kamu menahan orang Papua Barat'."

Perselisihan tentang klaim persatuan

Jacob Rumbiak, juru bicara ULMWP, mengatakan keputusan itu akan menyatukan sayap politik, intelijen dan militer menjadi satu kelompok diplomatik yang akan mendorong kampanye ke depan.

"[Persatuan ini] akan menunjukkan kepada Indonesia, dan juga dunia, bahwa kita sebagai Papua Barat siap hari ini untuk mendapatkan kemerdekaan," katanya kepada ABC.

"Militer kita akan secara otomatis berada di bawah kendali penuh seorang komandan ... Kami sudah memiliki agenda yang sangat jelas untuk menjadi pejuang kebebasan terbaik."

Tiga kelompok bersenjata yang didaftar oleh ULMWP termasuk Tentara Pembebasan Nasiona Papua Barat (TPNPB), yang menyerang sebuah situs konstruksi pada bulan Desember yang menewaskan 31 orang dan memicu tindakan keras militer yang brutal di wilayah tersebut.

TPNPB adalah sayap militer Gerakan Papua Merdeka (OMP), yang ketuanya Jeffery Bomanak menolak klaim serikat pekerja dan mengatakan dia "sangat menyarankan" ULMWP "untuk menarik pernyataan yang salah dan curang".

"[ULMWP] sekarang melakukan penipuan dengan berpura-pura bersatu dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua, TPNPB, untuk mendapatkan kredit dan popularitas," kata Bomanak kepada ABC.

Bomanak memperingatkan pembentukan Angkatan Darat Papua Barat dapat mengarah pada "konflik internal dengan kemungkinan konsekuensi mematikan".

Tetapi ULMWP menolak klaim yang mengatakan, "Mayoritas di Papua Barat mendukung kami".

Kedutaan Indonesia di Canberra tidak menanggapi permintaan komentar pada saat publikasi.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
akan, dan, papua, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Maduro Peringatkan Kelompok Bersenjata untuk Menjaga Ketertiban Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd April 2019 12:25 PM
Akankah Indonesia Bergabung dengan Amerika untuk Melawan China? Itsaboutsoul Diplomasi dan Hubungan Internasional 1 27th March 2019 03:17 PM
Kelompok Papua Menyatakan Boikot Pemilu Indonesia Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 21st February 2019 12:30 PM
Gubernur Papua Meminta Tentara untuk Mengakhiri Perburuan Pemberontak Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 23rd December 2018 10:26 AM
Merdeka karena Hidup Sehat dan Bebas Penyakit Berkat Alat Ini. Promo Merdeka fastworld Jualanku - My Stores and Shops 0 25th August 2014 04:08 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:46 PM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts