forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > > > >
Register Register
Notices

Land Transportation, Highway and Bridges Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 17th July 2012, 05:15 PM   #1
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default General Land Transportation, Highway and Bridges Project and Development

lets share about project and development Land Transportation, Highway and Bridges.


NOTE:

1. add the source please
2. only posting about land infrastructure and bridges in Indonesia.
3. enjoy.

Likes:(2)
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Old 17th July 2012, 05:18 PM   #2
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Jembatan Selat Sunda Diperkirakan Berlangsung 2014

kompas





Quote:
Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan menyatakan akan mendukung pemerintah untuk segera melaksanakan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda. Juru Bicara Kemenko Polhukam Bambang Soelistyo mengatakan, pihaknya akan membantu pemerintah agar pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera itu aman dan tidak mengganggu pelayaran internasional.

"Kami mendukung sepenuhnya keinginan pemerintah membangun jembatan. Tapi ini masih awal, kira-kira diharapkan 2014 nanti pencanangan tiang pertama," ujar Bambang seusai melakukan rapat koordinasi pembangunan Jembatan Selat Sunda di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (9/1/2012).

Bambang menuturkan, dalam rapat tersebut Menko Polhukam Djoko Suyanto meminta masukan dan evaluasi mengenai pembangunan jembatan itu dari sisi politik hukum dan keamanan. Menurutnya, karena proyek tersebut adalah bagian dari pengembangan strategis Selat Sunda, maka kementeriannya saat ini memiliki peran.

"Apalagi, Selat Sunda ini adalah salah satu bagian dari selat strategis, bagian dari Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) kita. Maka dari itu, kita mempunyai kewajiban kepada dunia internasional untuk menjamin rasa aman, dan tidak mengganggu pelayaran internasional," jelasnya.

Meski demikian, Bambang enggan menjelaskan lebih lanjut mengenai persoalan teknis, seperti bentuk desain, dana, dan target pasti pembangunan tersebut. Menurutnya, dalam hal tersebut akan membutuhkan setidaknya dua tahun untuk melakukan evaluasi dan merancang bangunan desain.

"Kami belum sampai ke hal-hal teknis, baru tahap awal. Jadi intinya kami akan bangun sarana dan prasarana. Meskipun titik bobotnya di perekonomian, tapi bidang politik hukum dan keamanan juga harus dipertimbangkan. Maka itu, kita koordinasikan dari sekarang," kata Bambang.

Last edited by endar.agustyan; 17th July 2012 at 05:22 PM..
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 17th July 2012, 05:20 PM   #3
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Pembangunan Jembatan Selat Sunda Mulai Tahun 2014

republika



Quote:
REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pembangunan Jembatan Selat Sunda ditargetkan mulai dibangun pada tahun 2014.

"Keputusan Presiden (Keppres) sudah keluar, tinggal dibuat komitmen pelaksanaannya," kata Hatta pada workshop "Penguatan Sistem Inovasi untuk Mendukung Industri Hilir Kelapa Sawit dalam Rangka Implementasi Program MP3EI Koridor Sumatra, di Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa.

Hatta menjelaskan, pemerintah sudah menyiapkan lahan sekitar 40 ribu hektare untuk proyek itu. Kawasan terpadu tersebut, lanjutnya, terbagi seluas 20 ribu hektare di daerah Banten dan sisanya di Lampung sebagai penopang berkembangnya daerah industri ketika Jembatan Selat Sunda berdiri.

Setelah terbitnya Kepres realisasi pembangunan Jembatan Selat Sunda, lanjutnya, pemerintah menyusun komitmen perusahaan, baik swasta atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan menjadi pelaksana proyek tersebut.

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum juga sedang menyiapkan "master plan" pembangunan ruas jalan untuk menghubungkan daerah dari Lampung sampai Aceh.

"Setiap Pemerintah Provinsi yang dilewati 'highway' tersebut diminta untuk ikut bertanggungjawab melakukan pembebasan lahan. Dana pembebasannya disiapkan pemerintah," ujarnya.

Pembangunan Jembatan Selat Sunda diharapkan dapat mempercepat perluasan pembangunan ekonomi Indonesia di koridor Sumatera.

Menurut Hatta, koridor Sumatera berkembang dengan cepat dilihat dari investasi pada tahun 2011 yang mencapai Rp 489 triliun dan diproyeksikan pada tahun ini akan ada sekitar Rp500 triliun investasi yang masuk.

Ia mengatakan, setelah pembangunan Jembatan Selat Sunda direalisasikan, pemerintah akan membantu pembangunan Jembatan Selat Malaka, yang menghubungkan Provinsi Riau dan Malaka, Malaysia.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi Riau terus meminta agar pemerintah pusat memberi dukungan dalam rencana pembangunan Jembatan Selat Malaka yang dinilai akan menguntungkan dari segi perdagangan ekonomi bilateral.

Menurut dia, pemerintah memang memprioritaskan pembangunan Jembatan Selat Sunda karena khawatir pembangunan Jembatan Selat Malaka bakal memengaruhi geo-politik dan geo-ekonomi Indonesia di bagian Barat yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura.

"Kalau Jembatan Malaka dibangun lebih dulu, secara geo-politik dan geo-ekonomi Indonesia akan tertarik ke atas. Harusnya kita menjadi satu kesatuan lebih dulu, hanya satu tetap NKRI itu strateginya. Nanti kita bangun bareng dua jembatan itu kalau perlu," kata Hatta Rajasa.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 17th July 2012, 05:21 PM   #4
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Rencana pembangunan jembatan Penajam-Balikpapan masuk Bappenas

antara

Quote:
Balikpapan (ANTARA News) - Rencana pembangunan jembatan di atas Teluk Balikpapan yang menghubungkan Penajam-Balikpapan sepanjang 3,7 kilometer sudah masuk program pembangunan di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Bupati Penajam Paser Utara Andi Harahap, Senin mengatakan sudah menanyakan kelanjutan program pembangunan jembatan tersebut ke Bappenas dan diinformasikan bahwa proyek pembangunannya menjadi satu dengan pembangunan jembatan Kutai Kertanegara.

Namun demikian, Bupati Harahap, belum mengetahui kapan pembangunan jembatan mulai dapat dilaksanakan.

Pemkab Penajam Paser Utara sendiri masih mempersiapkan beberapa dokumen dan survei untuk mendukung pembangunan jembatan tersebut.

Menurut Bupati, saat ini pemkab melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Penajam Paser Utara menyusun kerangka acuan dan survei lokasi kelayakan pembangunan jembatan.

Secara lisan Pemkot Balikpapan juga telah menyetujui pembangunan jembatan tersebut yang diperkirakan akan menelan dana sekitar Rp3 triliun lebih.

"Saya telah meminta Bappeda untuk menyusun semua persyaratan dan kelengkapan untuk pembangunan jembatan itu. Secara lisan Balikpapan juga sudah setuju.. Segera setelah semua syarat dipenuhi, kami akan buat kesepakatan tertulis dengan Balikpapan," jelas Bupati Andi Harahap.
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 17th July 2012, 05:21 PM   #5
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Pembangunan Jembatan di Majene Dianggarkan Rp30 Miliar

metrotvnews

Quote:
Metrotvnews.com, Mamuju: Pemerintah pusat menganggarkan Rp30 miliar untuk pembangunan jembatan di jalan poros Trans-Sulawesi antara Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Duit diambil dari APBN 2012.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sulbar Idham Hasyib di Mamuju, Jumat (6/4), mengatakan, pada 2012 pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur untuk pembangunan 15 jembatan. Soalnya jembatan yang ada dinilai sudah tak layak.

"Jembatan yang dibangun itu secara keseluruhan sepanjang 118 meter dengan sistem multiyears," katanya.

Menurut dia, jembatan itu juga dibangun untuk meningkatkan sarana transportasi antara Majene dan Mamuju agar masyarakat lebih mudah melakukan aktivitas ekonomi.

Menurut dia, selain membangun jembatan juga akan dilakukan pelebaran jalan memasuki batas Kota Majene sepanjang delapan kilometer dengan anggaran Rp24,2 miliar agar jalan memasuki kota Majene lebih memadai dan indah dari sebelumnya.

"Jalan menuju Kota Majene diperlebar dari 4,5 meter menjadi enam meter agar ketika memasuki Kota Majene masyarakat lebih nyaman berkendaraan," katanya
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 17th July 2012, 05:30 PM   #6
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Jembatan Merah Putih Ambon
status: Under Construction

Quote:
Jembatan Merah Putih adalah jembatan yang membentangi Teluk Dalam Pulau Ambon, yang menghubungkan Kecamatan Sirimau pada sisi utara dan Kecamatan Teluk Ambon pada sisi selatan.

Pembangunan Jembatan Merah Putih bertujuan untuk menunjang pengembangan fungsi kawasan di Teluk Ambon sesuai dengan Tata Ruang Kota Ambon dimana Poka-Rumahtiga sebagai kawasan pendidikan dan Durian Patah - Telaga Kodok sebagai kawasan pemukiman.



Selain itu, Jembatan ini juga menunjang sistem jaringan jalan yang telah ada khususnya pada Jazirah Leihitu serta mempersingkat jarak dan waktu tempuh kendaraan (mengurangi biaya operasi) menuju Bandar Udara Internasional Pattimura di Laha sebagai pintu keluar ke provinsi lainnya.



Pengembangan kawasan Kecamatan Teluk Ambon diharapkan akan lebih meningkatkan aktivitas sosial perekonomian dan pariwisata dengan tetap mempertahankan dan mengembangkan mata pencaharian masyarakat sekitar (pengayuh Perahu). Total panjang Jembatan Galala-Poka adalah ± 1060 m, dengan tipe jembatan utama adalah cable-stayed sepanjang 300 m.



Latar belakang pelaksanaan pembangunan Jembatan Merah Putih adalah:
Kota Ambon merupakan salah satu kota pusat regional dengan fungsi sebagai pusat pelayanan wilayah belakang, komunikasi antar wilayah, kegiatan pendidikan dan kebudayaan, kegiatan pemukiman, kegiatan industri dan perdagangan, serta kegiatan pemerintahan dan politik.
Dengan kondisi topografi yang berbukit-bukit, kecenderungan pengembangan Kota Ambon mengarah ke sebelah Barat, mulai dari kawasan Batu Merah ke arah Galala, Passo dan Poka, yang memiliki kelerengan 0-12%.
Pengembangan dilakukan mengikuti jaringan jalan yang menyusuri garis pantai.
Fasilitas/bangunan penting yang terletak di bagian Teluk Ambon:
Universitas Pattimura di Poka
Bandar Udara Internasional Pattimura di Desa Laha
Jarak Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon adalah + 35 km dengan waktu tempuh + 60 menit dengan kendaraan memutari Teluk Ambon.
Alternatif lain, menggunakan penyeberangan ferry antara Poka dan Galala dengan waktu tempuh + 20 menit (tidak termasuk waktu antri).
Angkutan penyeberangan ferry Galala – Poka:
Digunakan oleh Dosen dan mahasiswa Universitas Pattimura yang umumnya tinggal di Kota Ambon.( ± 7.500 Orang)
Digunakan juga oleh masyarakat yang tinggal di di Kawasan Pemukiman Poka, Waiyame dan sekitarnya jika harus ke Kota Ambon.
Mempersingkat waktu tempuh, tetapi pengeluaran dana lebih besar.
Diperlukan pembangunan ruas jalan dan jembatan penghubung antara Galala – Poka yang melewati Teluk Ambon.

Maksud dan tujuan pelaksanaan pembangunan Jembatan Merah Putih, yaitu:
Untuk menunjang pengembangan kawasan Pulau Ambon yang saat ini berkembang pesat.
Sebagai jembatan penghubung antara pusat Kota Ambon dengan kawasan potensial pengembangan di Poka dan Laha.
Jembatan Galala – Poka ini bertujuan:
Mempersingkat jarak dan waktu tempuh kendaraan sehingga dapat mengurangi biaya operasi kendaraan.
Menunjang pengembangan fungsi kawasan Poka sebagai kawasan Pendidikan.
Menunjang pengembangan fungsi kawasan Laha sebagai Bandar Udara.
Menunjang pengembangan kawasan Poka ke arah barat sebagai kawasan pemukiman.
Menunjang sistem jaringan jalan yang telah ada khususnya pada daerah di Jazirah Leihitu (Kabupaten Maluku Tengah).
Menunjang pengembangan Kampong Telaga Kodok.
source





Progress





source
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 27th August 2012, 09:18 PM   #7
totongmeong
Sek Des
 
totongmeong's Avatar
 
Join Date: 27 Aug 2012
Userid: 131
Location: jogjakarta-kudus
Posts: 219
Real Name: muhammad bintang pahlawan
Likes: 0
Liked 8 Times in 5 Posts
Default

Quote:
Originally Posted by endar.agustyan View Post
Jembatan Selat Sunda Diperkirakan Berlangsung 2014

kompas



semoga cepat di kerjakan dan sukses
totongmeong is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:47 AM   #8
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Tiga Kontraktor Dapat Proyek Jembatan Merah Putih Maluku

http://www.tribunnews.com/2012/07/29...h-putih-maluku

Quote:
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Tiga kontraktor besar BUMN Karya mendapatkan proyek pembangunan jembatan merah putih di Maluku.

Ketiga BUMN Yang mendapatkan proyek jembatan tersebut adalah PT Waskita Karya (Persero), PT Pembangunan Perumahan (Tbk), dan PT Wijaya Karya (Tbk).

Mengenai biaya infrastruktur, Jembatan Merah Putih mempunyai nilai pembangunan sebesar Rp416,76 miliar.

"Mereka (Tiga Kontraktor) bisa menyelesaikan proyek pembangunan Jembatan Merah Putih sesuai kontrak, sebab ketiganya dianggap telah berpengalaman baik di dalam muapun luar negeri mengerjakan konstruksi jembatan,"ujar Dirjen Bina Marga Kementerian PU Djoko Muranto kepada Tribunnews.com Minggu (29/7/2012).

Penandatanganan kontrak jembatan Merah Putih yang menjadi ikon provinsi Maluku tersebut dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kontraktor BUMN dan Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum.

Menurutnya, pelaksanaan pembangunan konstruksi sendiri rencananya akan membutuhkan waktu 870 hari, mulai dari Agustus hingga Desember 2014. Namun Djoko Murjanto yakin kalau pembangunan jembatan tersebut bisa lebih cepat.

"Kita yakin ketiga kontraktor dapat mempercepat penyelesaian pada September dengan masa pemeliharaan lima tahun hingga 2019,"papar Djoko Murjanto.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:48 AM   #9
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Pemkot Mempertahankan Rencana Awal Proyek Jembatan Kedungkandang

http://surabaya.tribunnews.com/2012/...-kedungkandang

Quote:
SURYA Online, MALANG-Pemkot Malang terkesan masih mempertahankan planning pertama proyek jembatan Kedungkandang, meskipun sebelumnya sudah dapat persetujuan untuk menjalankan planning kedua. Hal ini, terlihat ketika Pemkot masih terus melobi warga Kelurahan Buring yang mengajukan harga tinggi untuk pembebasan lahan.

Wahyu Setianto, Kepala Dinas Perumahan (Disperum) Kota Malang mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendekatan kepada warga Kelurahan Buring dan Kedungkandang yang terkesan alot untuk membebaskan lahannya.

“Kami haya bisa melakukan pendekatan dan tidak melakukan negoisasi harga lagi. Sebab, harga yang ditetapkan oleh apraisal sudah tinggi,” kata Wahyu, Senin (30/7/2012).

Wahyu berharap masalah lahan ini, bisa terselasaikan dalam waktu satu minggu. Dan jika benar-benar alot, Pemkot kemungkinan akan beralih ke planning kedua, dengan menggeser proyek Jembatan kedungkandang ke arah timur.

Diantara upaya yang dilakukan oleh Pemkot adalah dengan terus mengundang para pemilik lahan tersebut. Seperti hari ini, Disperum mengundang warga yang terkena pembebasan lahan utuk membat surat penyataan bersedia atau tidak lahannya dibebaskan.

Menurutnya, dari pertemuan tersebut diketahui beberapa warga yng setuju dan tidak. Untuk wilayah Kelurahan Buring dari 28 KK yang harus dibebaskan, 10 orang sudah menyatakan setuju untuk dibebaskan. Sedangkan 9 orang menyatakan tegas tidak setuju, dan 9 orang lainnya belum memberikan kepastian.

Sedangkan untuk wilayah Kelurahan Kedungkandang, dari 25 KK yang harus dibebaskan, 12 orang sudah menandatangani surat persetujuan, 7 orang belum setuju, dan 6 orang belum ada kepastian.

“Untuk yang belum memberikan kepastian ini, kami pastikan dalam minggu ini selesai,” terang Wahyu
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:50 AM   #10
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Jembatan Layang Rawa Buaya Diresmikan

http://www.tempo.co/read/news/2012/0...aya-Diresmikan



Quote:
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umun meresmikan Jembatan Layang Rawa Buaya Jakarta Barat. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan dengan beroperasinya jalan layang tersebut diharapkan mampu mengurangi kemacetan di wilayah Cengkareng.

"Kemacetan parah di kawasan Rawa Buaya ini terjadi karena persimpangan antara perlintasan kereta api dan jalan raya," kata Djoko seusai meresmikan jalan layang, Sabtu, 28 Juli 2012.

Jembatan layang Rawa Buaya ini memang dibangun di atas perlintasan kereta api Jakarta-Tangerang yang juga kerap memakan korban. Menurut Djoko, dibangunnya jembatan tersebut dapat memudahkan akses kendaraan menuju Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya.

Jembatan Layang Rawa Buaya dibangun mengapit jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2). Proyek yang menelan dana sebesar Rp 139,6 miliar ini dibangun mulai Oktober 2010 dan rampung Juni 2012 dengan kontraktor PT Jaya Konstrukai MP Tbk.

Jembatan sisi barat yang menuju arah Bandara Soekarno-Hatta memiliki panjang 450,6 meter. Sedangkan sisi timur yang menuju arah Jakarta memilki panjang 478,96 meter.

Panjang total jembatan beserta jalan akses sisi barat 1,183 kilometer sedangkan sisi timur 1,205 kilometer. Lebar kedua jembatan tersebut 8 meter.

"Ini adalah satu-satunya jalan nasional di Jakarta yang bersimpangan dengan perlintasan kereta," ujar Djoko. Saat ini, kata dia, masih ada 59 jalan serupa yang merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:53 AM   #11
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

PROYEK JALAN TOL
Tol Solo-Kertosono mulai konstruksi


http://nasional.kontan.co.id/news/to...ksi/2012/07/28



Quote:
JAKARTA. Proyek jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono masih berkutat pada masalah pembebasan lahan. Saat ini, pembebasan lahan proyek tersebut sudah mencapai 60%.

Kendati, pembebasan lahan belum kelar 100%, pemerintah sudah mulai melakukan konstruksi proyek jalan tol sepanjang 179 kilometer (km) itu.Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto mengatakan, tahun ini, pemerintah akan mulai melakukan pembangunan konstruksi proyek jalan tol itu secara perlahan-lahan.

Proyek jalan tol Solo-Kertosono terbagi dalam dua ruas, yakni Solo-Mantingan-Ngawi sepanjang 90 km, serta ruas jalan tol Ngawi-Kertosono sepanjang 89 km.
Djoko menuturkan, pengerjaan tol Solo-Kertosono merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan PT Thiess Construction Indonesia. Pemerintah akan mengerjakan 60 km dan sisanya dikerjakan oleh PT Thiess.

Sembari menunggu proses pembebasan lahan tuntas, pemerintah akan mulai membangun konstruksi jalan tol itu, dimulai dari ruas Solo-Ngawi. "Tahun ini sudah dianggarkan Rp 1 triliun untuk pembangunan fisik," kata Djoko, Jumat (27/7).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Achmad Gani Gazaly menambahkan, sampai saat ini, investor swasta belum mengerjakan fisik ruas tol Solo-Ngawi. PT Thiess Construction Indonesia baru mulai bekerja jika pembebasan lahan sudah rampung per seksi.

Untuk pembebasan lahan, ruas Solo-Ngawi dibagi dalam empat seksi. Seksi I, proses pembebasan lahan sudah mencapai 63%, seksi II sudah 64%, seksi III mencapai 66%, dan seksi IV mencapai 78%.

Gani menjelaskan dari empat seksi tersebut, yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah seksi I dan sebagian seksi II. Selain menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), pembiayaan proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi itu juga akan didukung perbankan.

Tapi, sejauh ini belum ada bank yang memberi kredit, sebab pembebasan lahan proyek tersebut belum tuntas.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:54 AM   #12
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

PROYEK TOL TRANS JAWA: Biar Kemenkeu menolak, Kemen-PU tetap kucurkan dana

http://www.bisnis.com/articles/proye...-kucurkan-dana

Quote:
JAKARTA: Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan pemberian dukungan dana untuk pembangunan tol Trans Jawa akan tetap dilakukan, meskipun Kementerian Keuangan menyatakan tidak akan memberikan dana viability gap funding untuk proyek tersebut.

Dia mengatakan pembiayaan melalui APBN bentuknya bukan hanya VGF, tapi juga bisa dukungan berupa pelaksanaan pembebasan tanah, atau pembangunan sebagian konstruksi tol yang selama ini sudah diterapkan untuk beberapa ruas.

Misalnya saja Semarang-Solo, akses Tanjung Priok, dan beberapa ruas lainnya. "Pembiayaan bukan hanya bisa melalui VGF, tapi bisa dari alokasi DIPA langsung, atau BLU tanah. Kan sama saja berasal dari dana APBN yang menjadi dukungan pemerintah," ujarnya. (30/07)


Dia mengatakan Kementerian PU sendiri, akan mengupayakan untuk memberikan dukungan penuh pada proyek tol, terutama yang berdasarkan studi kelayakan merupakan ruas yang dibutuhkan masyarakat dan berpotensi baik secara bisnis dari sisi peningkatan volume kendaraannya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gazaly mengakui sudah mengetahui pembatalan pemberian dana VGF untuk proyek tol di Trans Jawa tersebut. Namun dia berharap, kebijakan itu hanya diterapkan untuk ruas yang lama, sehingga usulan pemberian VGF untuk ruas tol yang baru bisa tetap disetujui oleh pemerintah.

"Tapi sampai sekarang kita belum ajukan usulan VGF lagi. Karena sementara ini, masih menunggu jawaban dari yang sudah diusulkan sebelumnya," ujar Gani.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan pembatalan pemberian dana VGF untuk proyek di Jawa karena umumnya ruas itu dinilai sudah layak secara finansial.

Sedangkan, katanya, tujuan utama pemberianVGF yaitu meningkatkan kelayakan proyek sehingga diminati oleh investor swasta untuk penggarapannya. Selain itu, umumnya pemberian jaminan diberikan pada proyek baru yang belum melalui proses studi kelayakan.

"Yang kami prioritaskan adalah proyek yang secara langsung bersentuhan dengan masyarakat dan sosial, serta kebutuhannya mendesak. Misalnya saja sistem penyediaan air," ujarnya.

Bambang menyatakan hingga kini pemerintah belum memutuskan besaran pemberian VGF yang ideal diberikan untuk proyek-proyek infrastruktur tersebut. Bisa jadi, lanjutnya, besarannya ditentukan juga oleh maisng-masing kebutuhan proyek itu sendiri.

Adapun proyek tol yang telah diajukan untuk mendapatkan VGF oleh BPJT dan Kementerian Pekerjaan Umum yakni jalan tol Medan-Kualanamu Rp3,8 triliun, jalan tol Solo-Ngawi Kertosono senilai Rp10,98 triliun, dan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan senilai Rp5 triliun
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:55 AM   #13
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Ini Kisah Awal Proyek Tol Bali Dibuat di Atas Laut

http://finance.detik.com/read/2012/0...t-di-atas-laut



Quote:
Jakarta - Proyek pembangunan jalan tol Bali di atas laut dengan rute Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa memiliki cerita unik. Awalnya pembangunan tol ini tidak akan dibangun di atas laut.

Kepala Humas PT Jasa Marga, Wasta Gunadi mengungkapkan, dulunya pembangunan proyek ini akan dibangun melayang di darat, namun karena budaya di Bali tidak mengizinkan ada sebuah bangunan memiliki ketinggian melebihi pura di sekitarnya, maka jadilah proyek ini di bangun membentang di atas laut.

"Tadinya mau dibuatkan jalan tol yang menghubungkan ketiga tempat itu. Tapi saat itu terkendala karena di Bali tidak boleh membangun sebuah bangunan yang tingginya melebihi pura, maksimal 15 meter," ungkap Wasta saat dihubungi detikFinance, Jumat (27/7/12).

Wasta menyebutkan, seorang Deputi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Sumaryanto menggagas sebuah ide untuk membuat jalan tol ini di atas laut.

"Itu makanya kalau di jalan kendala budaya tadi, maka pemrakarsa itu Pak Sumaryanto, Deputi BUMN dia bikin ide, untuk di atas laut. Kita libatkan pemda, jadilah itu," tambahnya.

Selain itu, Wasta mengatakan, volume kendaraan di kawasan itu saat ini semakin melonjak. Terlebih di hari libur, turis mancanegara dan domestik berdatangan ke pulau Dewata ini.

"Jalan by pass itu sudah tidak mampu menampung kendaraan, apalagi kalau liburan. Makanya dibuatkan jalan tol penghubung tiga titik tadi," imbuhnya.

Seperti diketahui, jalan tol ini akan menghubungkan kawasan Bandara Ngurah Rai dengan Kawasan Nusa Dua serta kawasan pelabuhan Benoa (akses Pesanggaran). Proyek ini digarap bersama oleh PT Jasamarga Bali Tol yang merupakan Konsorsium BUMN (Jasa Marga, Angkasa Pura I, Pelindo III, Adhi Karya, Waskita Karya, Wijaya Karya, dan Hutama Karya).

Jalan Tol ini merupakan proyek jalan tol pertama di Pulau Bali. Jalan Tol ini menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandara Internasional Ngurah Rai, dan wilayah Nusa Dua. Jalan Tol ini akan dibangun diatas laut di teluk Benoa. Tol ini ditargetkan akan rampung pada bulan April 2013 dan mulai bisa dioperasikan pada bulan Mei 2013. Sejauh ini, proses pengerjaan tol ini baru mencapai 16%.


Berikut ini komposisi pemegang saham Jalan Tol Benoa Bali (Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua):



PT Jasa Marga 60%
PT Pelindo III 20%
PT Angkasa Pura I 10%
PT Wijaya Karya 5%
PT Adhi Karya 2%
PT Hutama Karya 2%
PT Pengembangan Pariwisata Bali 1%
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:56 AM   #14
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

PROYEK JALAN TOL
Empat ruas tol mulai dibangun tahun ini


http://industri.kontan.co.id/news/em...ngun-tahun-ini



Quote:
JAKARTA. Pembangunan sepuluh ruas jalan tol masuk dalam agenda Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tahun ini. Selain yang konstruksinya tinggal melanjutkan dari tahun sebelumnya, ada empat ruas yang benar-benar baru mulai digarap tahun ini.

Pertama, ruas jalan tol Gempol-Pandaan sepanjang 13,61 kilometer (km). Groundbreakingnya sudah dimulai April lalu dan ditargetkan beroperasi 2013 mendatang. Ruas ini memiliki nilai investasi Rp 1,167 triliun dengan investor PT Marga Bumi Adhikaraya.

Kedua, ruas jalan tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116,75 km. Proses groundbreaking sebenarnya sudah dilakukan akhir tahun lalu tetapi konstruksinya baru dimulai Juni-Juli ini dan ditargetkan rampung dalam 30 bulan. Ruas ini memiliki nilai investasi Rp 12,6 triliun dengan investor PT Lintas Marga Sedaya.

Ketiga, ruas jalan tol Bogor Ring Road II A sepanjang kurang lebih 2 km. Rencananya, groundbreaking akan dimulai Agustus mendatang dan selesai dalam kurun waktu setahun. Ruas ini memiliki nilai investasi Rp 983 miliar dengan investor PT Jasa Marga Tbk (JSMR).

Keempat, ruas jalan tol Cinere-Jagorawi sepanjang 14,64 km. Konstruksinya sudah dimulai dua bulan lalu, dan dijadwalkan beroperasi tahun 2014. Ruas ini memiliki nilai investasi Rp 2,621 triliun dengan investor PT Trans Lingkar Kita Jaya, salah satu anak usaha Kompas Gramedia.

Ruas jalan tol Cinere-Jagorawi merupakan salah satu sesi dari Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang panjangnya secara keseluruhan mencapai 109 km dari Cengkareng sampai Tanjung Priuk. "Saat ini yang sudah beroperasi baru sampai Cinere. Sisanya masih pembebasan lahan," ujar Kepala BPJT Achmad Gani Ghazaly ketika ditemui KONTAN di kantornya, Senin (30/7).

Menurut Gani, kendala yang paling sering dihadapi dalam proses pembangunan jalan tol adalah pembebasan lahan. "Proses musyawarah lama karena harus mendatangi warga satu per satu. Kalau pembebasan lahan sudah selesai, konstruksi mudah," ujarnya. Biasanya, pembebasan lahan bisa menelan waktu satu sampai tiga tahun sebelum konstruksi.

Saat ini Indonesia tercatat sudah memiliki jalan tol sepanjang 774 km. Gani bilang, angka tersebut tidak akan berubah sampai akhir tahun lantaran tidak ada ruas yang baru beroperasi.

Tambahan jalan tol baru ada di tahun 2013 dari ruas Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sepanjang 9,70 km, JORR W2 Utara sepanjang 7,87 km, Ungaran-Bawen sepanjang 11,95 km yang merupakan salah satu seksi dari ruas Semarang-Solo , Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,27 km, serta Kertosono-Mojokerto sepanjang 40,50 km.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 3rd August 2012, 09:58 AM   #15
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Wow! Bali Bakal Punya Jalan Tol di Atas Laut

http://jakartamagazine.com/wow-bali-...-di-atas-laut/



Quote:
Bali sebentar lagi akan memiliki jalan tol di atas laut yang berfungsi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas Bali. Para pengusaha di Bali menginginkan agar proyek di atas laut dari Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa bisa selesai dengan cepat. Sebab, kondisi Bali yang macet sangat berdampak pada potensi turis di Bali.

Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Perry markus, kemacetan Bali ini sudah terdengar sampai ke Australia. Bahkan, katanya, jumlah turis-turis dari Australia dan Singapura kini jumlahnya sudah berkurang. “Saya khawatir ada penurunan turis-turis Australia karena ada pemberitahuan itu,” ujar Perry seperti dikutip detik.com.

Perry meminta pemerintah segera menuntaskan proyek jalan tol di atas laut ini agar citra Pulau Dewata kembali indah di mata dunia internasional.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 10th August 2012, 11:29 PM   #16
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

Adhi Karya bangun monorel Rp3,7 triliun

http://www.antaranews.com/berita/326...l-rp37-triliun

Quote:
Jakarta (ANTARA News) - PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berencana membangun monorel sepanjang 13 kilometer (km) dengan kajian teknikal dimulai akhir tahun ini dan investasi monorel diperkirakan menelan biaya Rp3,7 triliun.

Menurut Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan di Jakarta, Rabu, kebutuhan dana pembangunan monorel diperoleh dari kas internal 30 persen atau Rp1,117 triliun dan pinjaman perbankan sebesar 70 persen atau Rp2,608 triliun. Perseroan pun telah memilih bank BUMN sebagai kreditur.

Dalam pengerjaan monorel ini, perseroan berencana menggandeng PT Jasa Marga Tbk dan PT PLN Persero. Namun, untuk merealisasikan proyek tersebut perseroan terlebih dahulu mengkomunikasikan dengan Pemda DKI Jakarta.

"Nanti, skema bisnis monorel adalah konsorsium BUMN, pemda DKI, dan konsorsium bank BUMN," kata Kiswodarmawan saat ditemui usai acara `Temu Akbar Engineering BUMN 2012`.

Ia menambahkan persiapan konstruksi monorel ini diperkirakan membutuhkan waktu 2,5 tahun, sementara masa konsesinya sekitar 30 tahun. Monorel diproyeksikan akan beroperasi penuh pada 2015 mendatang.

"Tarif monorel ini Rp9.500 per orang. Kalau dapat subsidi bisa Rp9.000 dengan mempertimbangkan inflasi 5 persen," tuturnya.

Ia menghitung kapasitas gerbong monorel ini dapat menampung 200 orang, dengan kapasitas angkut 77.500 orang per arah per hari serta setiap empat menit kereta monorel akan datang.

"Monorel ini akan melewati 16 stasiun. Nanti akan terhubung dengan MRT Dukuh Atas-Istora-Senayan, serta kereta komuter di Dukuh Atas," ungkapnya.
(KR-SSB)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Old 15th August 2012, 12:47 PM   #17
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 1,860
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 80 Times in 48 Posts
Default

JALUR MUDIK: Di Jawa Barat, Pastikan Jalur Mana Yang Dipilih
http://www.solopos.com/2012/channel/...dipilih-318183



Quote:
Perjalanan panjang saat mudik Lebaran memang perlu dipersiapkan dengan baik. Salah satunya dengan memilih dan memastikan jalur mana yang akan ditempuh.


Di Jawa Barat tercatat ada dua titik rawan kemacetan di jalur selatan a.l jalur Nagreg dan jalur Lingkar Gentong. Pantauan Bisnis.com, arus mudik yang melalui tol Purbaleunyi, kondisinya sudah semakin baik dengan adanya pelebaran jalan dari ruas Padalarang sampai Pasteur semula 2 lajur menjadi 3 lajur. Meskipun setelah Pasteur, kondisi jalan kembali menyempit menjadi 2 lajur sampai keluar tol Cileunyi.

Selain itu, perbaikan jalan juga ditemui di kawasan jalan Rancaekek yang hingga saat ini masih dilakukan pelebaran jalan. Titik kemacetan di arah jalur Selatan biasanya berawal dari Rancaekek. Kawasan ini terkenal sebagai kawasan macet akibat penyempitan jalan, pangkalan angkot liar, pasar tumpah dan area pabrik.

Untuk itu, ada beberapa jalur alternatif bagi Anda yang hendak mudik melalui jalur Nagreg dan Lingkar Gentong. Biasanya petugas mengimbau untuk melewati jalur alternatif Cijapati dan jalur kiri Parakan Muncang yang menghubungkan dari arah Rancaekek ke Sumedang. Bagi pemudik, ada kabar baik yang hendak melewati jalur alternatif Cijapati. Pasalnya, jalur tersebut tengah dilebarkan seluas 1 meter kiri-kanan jalan. Dipastikan H-7 Lebaran bisa selesai. Meskipun masih terdapat beberapa ruas jalan yang bolong-bolong.

Memasuki jalur aternatif Cijapati ini, tepatnya dari arah bundaran Cicalengka, kondisi jalan masih belum optimal dengan banyaknya ruas jalan yang berlubang. Pelebaran jalan sendiri, hanya dilakukan di titik macet puncak Cijapati. Namun, Anda harus hati-hati, di jalur Cijapati ini tikungan dan ruas jalan agak curam, tidak jarang kendaraan yang mundur kembali saat menghadapi tanjakan, terutama dalam kondisi macet. Ada baiknya Anda menjaga jarak dengan kendaraan lainnya

Pemudik dari arah Bandung menuju arah Garut atau Tasikmalaya biasanya menggunakan jalur Cijapati guna meminimalisasi kemacetan. Jalur alternatif ini, pada akhirnya memang menjadi jalur utama karena saking banyaknya kendaraan yang menggunakan jalur. Akan tetapi, bagi Anda yang hendak menggunakan jalur Nagreg dan Lingkar Gentong lama, sebaiknya Anda dari sekarang mematangkan apakah akan memakai jalur tersebut ataukah menggunakan jalur Cijapati, guna menyiapkan segala kemungkinan yang bakal terjadi.

Sementara itu, pihak kepolisian telah menyiapkan sejumlah posko persiapan jalur mudik Lebaran kali ini a.l posko kesehatan, keamanan dan informasi. Posko-posko tersebut berdiri di sepanjang jalur mudik sekitar 4 kilometer. Selain itu, guna menghadapi kepenatan dalam perjalanan sepanjang jalur Lingkar Gentong, memasuki Malangbong juga terdapat beberapa tempat persinggahan dan peristirahatan seperti rumah makan, toilet umum dan tempat sarana beribadah.

Gunakan Jalur Lama
Menurut imbauan kepolisian, pemudik dari arah Bandung dipastikan akan menggunakan jalur lama Lingkar Gentong karena jalur baru hanya digunakan untuk arus balik. Kondisi terkini Lingkar Gentong baru pun sebetulnya masih tahap finalisasi. Pantauan Bisnis.com, Jalur Lingkar Gentong baru yang menghubungkan arah Tasikmalaya-Malangbong-Bandung, masih tahap pengaspalan setelah pengerasan jalan dipastikan selesai pada pekan ini.

Di jalur tersebut, belum dipasang pengamanan sisi jalan. Padahal kondisi sangat riskan akibat curamnya jalur yang sedikit menanjak dari jalur lama Lingkar Gentong. Hati-hati juga di jalur lama, titik kemacetan dipastikan masih terjadi di jembatan viaduct lama dengan tikungan tajam yang kerap menyebabkan kemacetan mengekor hingga Malangbong.

Jalur Lingkar Gentong sendiri bisa diuji coba pada H-9 Lebaran. Kepala Pelaksana Lapangan Proyek jalur Lingkar Gentong Wondo mengatakan target pengerasan jalan selesai pada Selasa (7/8/2012) lalu, untuk kemudian diaspal. Dia menambahkan ada enam titik lampu penerangan yang bakal dipasang sepanjang jalur Lingkar Gentong tersebut
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote
Post New Thread  Reply

Bookmarks



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Semarang | General Project and Development smgctzn Urban and City Development 16 17th February 2015 06:37 PM
Banjarmasin | General Project and Development Razak.Rahmandi Urban and City Development 62 5th September 2014 10:03 AM
Bandung | General Project and Development endar.agustyan Urban and City Development 111 5th November 2012 07:35 PM
Jakarta | General Project and Development endar.agustyan Urban and City Development 47 4th November 2012 08:06 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 10:25 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2025, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2025 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts