forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 11th June 2019, 03:03 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Kazakhstan - Gesper Patah di Sabuk dan Jalan

Ketika Presiden Tiongkok Xi Jinping pertama kali mengumumkan Inisiatif Sabuk dan Jalan andalannya pada 2013, ia memilih untuk melakukannya di Astana, Kazakhstan.

Keputusan China untuk menghidupkan kembali rute perdagangan Jalan Sutra kuno, koridor internasional yang menghubungkannya dengan Eropa Barat, sangat berperan dalam strategi ekonomi secara keseluruhan. Dengan membangun Jalur Sutra baru, didukung oleh infrastruktur modern, Cina menciptakan outlet untuk ekspor, mengamankan rute untuk impor energi dan memanfaatkan kelebihan kapasitas industrinya. Ini juga melayani agenda geopolitiknya dengan memperluas pengaruh dan ketergantungan Tiongkok di seluruh dunia.

Seharusnya tidak mengherankan bahwa Kazakhstan dipilih untuk peluncuran proyek. Negara Asia Tengah pernah menjadi titik sentral dari jalur perdagangan kuno yang membawa barang dan gagasan antara peradaban besar Timur dan Barat. Dan hari ini, karena lokasi geografisnya yang unik, ia sekali lagi berusaha untuk melanjutkan peran historisnya sebagai penghubung vital dalam perdagangan global.

Untuk tujuan ini, China telah menyalurkan miliaran dolar ke negara itu. Selama dekade terakhir, total investasi telah melampaui $ 14 miliar, terutama ditujukan untuk meningkatkan kapasitas transportasi negara.

Tetapi kekhawatiran sekarang mulai tumbuh tentang kemampuan pemerintah untuk memenuhi ambisi mereka yang tinggi. Secara khusus, ada kekhawatiran tentang kelayakan proyek-proyek besar semacam itu di negara dengan sektor keuangan yang kurang berkembang, lembaga-lembaga politik yang lemah, dan korupsi endemik.

Kekurangan ini perlahan-lahan muncul ke permukaan, menyebabkan gangguan besar pada Inisiatif Jalan dan Sabuk. Pekan lalu, salah satu proyek utama negara itu terhenti. Rencana tersebut, dengan biaya yang diproyeksikan sebesar $ 1,9 miliar, melibatkan pembangunan sistem kereta api ringan yang akan mulai beroperasi pada tahun 2020. Proyek, yang merupakan bagian dari modernisasi komprehensif sistem transportasi umum ibukota, tiba-tiba terhenti setelah Investor utama, China Development Bank, ditarik keluar. Alasannya? Dana yang diperuntukkan untuk pekerjaan itu menghilang.

Bank Cina dilaporkan telah mengirim dana ke perusahaan milik negara TOO Astana LRT yang, pada gilirannya, telah menyimpannya di Bank Astana. Bank ini kemudian seharusnya membayar konsorsium perusahaan Cina yang dikontrak untuk membangun kereta api, tetapi tidak ada dana yang dicairkan.

Dengan membingungkan, diketahui bahwa lisensi Bank of Astana telah dicabut pada akhir 2018. Fakta bahwa itu tetap dapat terus memainkan peran penting dalam salah satu proyek konstruksi paling penting di negara itu berbicara banyak tentang kekurangan yang dihadapi oleh bisnis yang beroperasi di Kazakhstan.

Dan ini bukan satu-satunya proyek yang mengalami kesulitan. Salah satu proyek Belt and Road yang paling ambisius, gateway Khorgos, juga sekarang menghadapi hasil yang sangat mengecewakan.

Dijuluki "pelabuhan kering terbesar di dunia," Khorgos adalah pusat transportasi yang baru dibangun di perbatasan antara Khazakstan dan Cina. Dengan laut terdekat, 1.600 mil jauhnya, kargo di sini ditangani dengan kereta api dan bukan kapal. Satu-satunya masalah adalah tidak ada banyak kargo untuk ditangani. Bahkan, pelabuhan Cina kecil menangani jumlah barang yang sama dalam sebulan seperti yang dilakukan hub raksasa ini dalam setahun.

Infrastruktur sudah ada, tetapi untuk memenuhi potensinya sebagai pusat logistik yang luas, diperlukan investasi asing yang signifikan. Jika itu gagal terwujud, itu berisiko menjadi gajah putih yang mencolok.

Ini telah menjadi tema yang berulang di Kazakhstan. Putus asa untuk menggambarkan dirinya sebagai demokrasi yang berfungsi yang terbuka untuk bisnis, ia memulai proyek ambisius yang tidak memiliki stabilitas atau infrastruktur untuk dijalankan.

Pencapaian ekonomi Kazakhstan selama generasi terakhir tidak dapat dipungkiri, tetapi apakah negara ini benar-benar siap untuk bertindak sebagai pusat perhatian - pengikat - dari Inisiatif Belt and Road? Nah, buktinya berbicara sendiri.

Dan hal-hal tidak mungkin berubah dalam waktu dekat. Kazakhstan mengadakan pemilihan presiden pada akhir pekan untuk menggantikan nominal Nursultan Nazarbayev, orang yang telah memerintah negara itu untuk bagian terbaik dari tiga dekade. Tapi ini pasti akan menjadi latihan demokrasi ilusi, yang dirancang untuk memberikan beberapa legitimasi untuk pemasangan presiden boneka di Kassym-Jomart Tokayev.

Realitas yang menyedihkan adalah bahwa Nazarbayev akan melanjutkan pemerintahannya dari bayang-bayang dan kekurangan-kekurangan kelas penguasa Kazakh yang sangat korup akan bertahan tanpa terselesaikan.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, ini, itu, untuk, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Negara-Negara Asia 'Menguangkan' Penjualan Sabuk dan Jalan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 7th June 2019 09:58 AM
Mengapa Harga Inisiatif Sabuk dan Jalan China Terlalu Tinggi? Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd May 2019 03:33 PM
Forum Sabuk dan Jalan China: Kabar Baik untuk UKM Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 30th April 2019 02:41 PM
Beijing Bela Italia atas Inisiatif Sabuk dan Jalan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 10th March 2019 10:55 AM
Berapa Lama Usia Sabuk dan Jalan China? Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 16th February 2019 11:10 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:51 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Promosi Forumku :

CakeDefi Learn to Earn

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2022, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2022 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts