forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 26th June 2019, 01:09 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Rouhani: Sanksi AS atas Khamenei 'Idiot dan Keterlaluan'

Presiden Iran Hassan Rouhani telah menolak sanksi baru yang dijatuhkan Amerika Serikat pada Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei sebagai "keterlaluan dan bodoh"

Dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi negara Iran pada hari Selasa, Rouhani mengatakan sanksi terhadap Khamenei akan gagal karena dia tidak memiliki aset di luar negeri.

Menggambarkan babak tindakan terbaru sebagai "keterlaluan", "idiot", dan tanda keputusasaan AS, Rouhani mengatakan: "Tindakan Gedung Putih berarti tindakan itu mengalami keterbelakangan mental."

Dia menambahkan bahwa "kesabaran strategis" Teheran tidak boleh disalahartikan karena takut.

Pejabat Iran telah menggunakan penghinaan ini di masa lalu tentang Presiden AS Donald Trump, tetapi itu adalah keberangkatan dari nada Rouhani sendiri yang relatif diukur.

Trump menargetkan Khamenei dan pejabat tinggi Iran lainnya dengan sanksi pada hari Senin, dalam upaya untuk meningkatkan tekanan pada Iran setelah itu menjatuhkan drone AS tak berawak minggu lalu.

Sasaran dari sanksi baru termasuk tokoh militer senior di Iran, yang aksesnya ke aset keuangan di bawah yurisdiksi AS sekarang akan diblokir.

Washington juga mengatakan akan menjatuhkan sanksi pada menteri luar negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, minggu ini. Langkah itu dilakukan sehari setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menegaskan kembali bahwa Washington siap untuk mengadakan pembicaraan dengan Iran "tanpa prasyarat".

Rouhani menolak tawaran Pompeo, dengan mengatakan: "Anda menyetujui menteri luar negeri secara bersamaan dengan permintaan untuk pembicaraan."

Di Washington, Trump merespons dengan menyebut pernyataan Rouhani "bodoh dan menghina", dan mengancam akan membalas setiap serangan Iran dengan "kekuatan besar dan luar biasa".

"Di beberapa daerah, kewalahan berarti pemusnahan," katanya dalam serangkaian posting di Twitter.

'Semua opsi di atas meja'
Krisis yang mencengkeram Timur Tengah bermula dari keputusan Trump tahun lalu untuk meninggalkan kesepakatan internasional antara Iran dan enam kekuatan dunia yang menawarkan bantuan Teheran dari sanksi global dengan imbalan pembatasan pada program nuklirnya.

Setelah keluar dari kesepakatan 2015, Trump menerapkan kembali dan memperpanjang sanksi terhadap Iran, dengan mengatakan kampanye "tekanan maksimum" bertujuan memaksa Teheran untuk menegosiasikan kesepakatan baru yang juga membahas program rudal balistik dan dukungan untuk kelompok-kelompok bersenjata regional.

Tetapi Iran mengatakan tidak ada gunanya bernegosiasi dengan Washington ketika telah meninggalkan kesepakatan yang sudah dicapai. Dan pada hari Selasa, kementerian luar negeri negara itu mengatakan sanksi baru AS secara permanen menutup jalan menuju diplomasi antara Teheran dan Washington.

"Memberlakukan sanksi yang tidak berguna pada Pemimpin Tertinggi Iran dan komandan diplomasi Iran [Zarif] adalah penutupan permanen jalur diplomasi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi dalam sebuah tweet.

"Pemerintahan putus asa Trump menghancurkan mekanisme internasional yang mapan untuk menjaga perdamaian dan keamanan dunia."

Setahun setelah AS keluar, Iran mengatakan akan mengurangi kepatuhan dengan beberapa elemen dari perjanjian nuklir, dan memberi Eropa, China dan Rusia ultimatum dua bulan untuk membantu Iran menghindari sanksi AS dan menjual minyaknya.

Ali Shamkhani, sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, mengatakan pada hari Selasa Iran akan "dengan tegas" meninggalkan lebih banyak komitmen di bawah kesepakatan nuklir pada akhir batas waktu itu.

"Pada 7 Juli, Iran akan secara paksa mengambil langkah kedua mengurangi komitmennya" pada perjanjian nuklir, Shamkhani seperti dikutip oleh kantor berita Fars.

Ini adalah begitu "negara-negara yang menafsirkan 'kesabaran' Iran dengan kelemahan dan kelambanan menyadari bahwa jawaban Iran atas pelanggaran wilayah udara drone Amerika tidak akan berbeda dengan reaksinya terhadap upaya politik yang licik untuk membatasi hak-hak absolut rakyat Iran," tambahnya.

Shamkhani mengecam "penghinaan politik" Eropa karena mengharapkan Iran untuk melanjutkan komitmennya tanpa mereka memenuhi akhir kesepakatan mereka dan mengatakan itu menunjukkan "kurangnya kemauan" untuk menghadapi AS.

Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, berbicara di Israel, mengatakan bahwa Trump terbuka untuk negosiasi dan "semua yang perlu dilakukan Iran adalah berjalan melalui pintu terbuka itu".

Berbicara kepada wartawan di Yerusalem pada hari Selasa, Bolton mengatakan dia yakin tekanan yang dikenakan pada Iran melalui sanksi akan membawanya ke meja perundingan. "Mereka akan mendapatkan poin atau ... kami hanya akan meningkatkan kampanye tekanan maksimum lebih lanjut".

"Saya kira, itu akan menjadi kombinasi antara sanksi dan tekanan lain yang membawa Iran ke meja," kata elang Iran yang sudah lama.

Namun, ia menambahkan bahwa "semua opsi tetap ada di atas meja" jika Iran melebihi batas pengayaan uranium di bawah kesepakatan nuklir. Teheran sebelumnya memperingatkan akan melewati batas tumpukan 300 kg minggu ini.

'Khamenei tidak akan terpengaruh'
Dorsa Jabbari dari Al Jazeera, melaporkan dari Teheran, mengatakan keputusan AS untuk memberikan sanksi kepada pemimpin tertinggi kemungkinan tidak akan banyak berpengaruh.

"Ayatollah Ali Khamenei tidak meninggalkan Iran dalam lebih dari 30 tahun sejak dia menjadi presiden pada tahun 1989. Terakhir kali dia meninggalkan Iran adalah pada kunjungan kenegaraan ke China pada bulan April 1989," katanya, menambahkan bahwa pengumuman bahwa Zarif akan dikenakan sanksi telah datang sebagai kejutan bagi Iran.

"Zarif adalah diplomat karier yang tinggal di AS. Dia berada di PBB selama bertahun-tahun. Dia dikenal sebagai wajah Republik Islam di panggung internasional," kata Jabbari.

Ketegangan meningkat di wilayah itu dalam beberapa pekan terakhir setelah serangkaian serangan terhadap tanker minyak di Teluk.

AS dan sekutu regionalnya - Arab Saudi dan Uni Emirat Arab - menyalahkan Iran atas serangan itu, tuduhan yang Teheran tolak sebagai "tidak berdasar".

Jatuhnya pesawat pengintai AS minggu lalu hampir membawa kedua musuh ke ambang perang, dengan Trump mengatakan ia awalnya menyetujui serangan terhadap Iran sebagai balasan atas penembakan pesawat tak berawak tetapi kemudian menarik kembali.

Teheran mengatakan pesawat itu melanggar wilayah udaranya tetapi Washington bersikeras itu terbang di atas perairan internasional.

Trump mengatakan dia tidak mencari perang dengan Iran, karena dia mengirim diplomat topnya - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan John Bolton - ke Timur Tengah untuk menopang dukungan terhadap Iran.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
akan, dan, iran, pada, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Rouhani Bandingkan Kondisi Sulit Saat Ini dengan Perang Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 12th May 2019 04:10 PM
Rouhani Bandingkan Kondisi Sulit Saat Ini dengan Perang Iran Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 12th May 2019 04:01 PM
AS Sita Kapal Korea Utara Atas Tuduhan Pelanggaran Sanksi Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 10th May 2019 12:24 PM
Uighur Desak Kanada untuk Berlakukan Sanksi terhadap Pejabat China atas Penindasan Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 8th April 2019 01:10 PM
Rouhani Mendukung Prestasi Kesepakatan Nuklir 2015 Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 2nd February 2019 09:49 AM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 03:02 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts