forumku.com logo Forumku Borobudur Budaya Indonesia
forumku  

Go Back   forumku > >
Register Register
Notices

Forumku Asiaku Main Forum Description

Post New Thread  Reply
 
Thread Tools Search this Thread Display Modes
Old 20th August 2019, 10:48 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Jan 2018
Userid: 6851
Posts: 671
Likes: 0
Liked 4 Times in 4 Posts
Default Apakah Israel Membuka Front Baru Terhadap Iran dengan Serang Irak?

Untuk pertama kalinya dalam 38 tahun, Israel telah menyerang wilayah Irak, mencolok dua kamp milisi Syiah utama dan pacaran eskalasi dengan Teheran.
Israel melancarkan serangan udara di Irak bulan lalu dalam bangun dari pertemuan trilateral penting antara Moskow, Washington dan Tel Aviv yang berlangsung di Yerusalem pada akhir Juni. Pemogokan menghantam dua basis milisi Syiah yang didukung Iran.

Meskipun Tel Aviv tidak mengklaim tanggung jawab atas penggerebekan, dan Baghdad tidak menuduh mereka melakukannya, analis keamanan berpendapat bahwa sejak Iran dikerahkan di Irak, yang terakhir telah menjadi target bagi Israel.

Mehmet Bulovali, seorang aktivis politik Irak-Kurdi yang bertugas sebagai penasehat mantan Wakil Presiden Irak Tariq al Hashimi, mengatakan kepada TRT World bahwa untuk menyerang milisi yang dijalankan oleh Iran di Irak, Tel Aviv telah menunggu anggukan Amerika selama beberapa tahun, sementara Tehran juga mengantisipasi tantangan militer seperti itu.

"Tapi sikap ini telah berubah setelah pertemuan trilateral penting, yang tentang bagaimana mengamankan keamanan Israel di Irak dan Suriah, di Yerusalem. Setelah pertemuan ini, Israel mendapat izin dari Washington untuk memukul Irak, "kata Bulovali.

Serangan Israel bulan lalu di wilayah Irak terjadi di Amerli di Provinsi salah al Din, dan di Camp Ashraf, yang sebelumnya menjabat sebagai pangkalan militer AS di Provinsi Diyala. Kedua provinsi tersebut terletak di Irak tengah, berbatasan dengan wilayah berpenduduk Kurdi.

Serangan ini pertama kali dilaporkan oleh Al Ain, salah satu situs web UEA, dan mereka dikaitkan dengan Israel oleh Sharq Al Awsat, sebuah outlet media Saudi.

Mengikuti ' The-musuh-of-My-musuh-is-My-teman ' doktrin, baik UEA dan Arab Saudi telah mengembangkan hubungan persahabatan dengan Israel, dengan tujuan untuk melawan Iran.

"Sejak penarikan AS dari kesepakatan nuklir tahun lalu, Iran telah mempersiapkan diri di tempat yang berbeda terhadap [aliansi AS-Israel]," kata Bulovali. "Dan Irak adalah salah satu tempat, di mana Iran telah dikerahkan platform peluncuran rudal dan pabrik rudal."

Pemogokan tersebut menewaskan sedikitnya 40 orang, yang sebagian besar berasal dari milisi Syiah Irak di organisasi Badr dan Hashd Al Shaabi, yang dilindungi oleh Iran. Dua orang yang telah meninggal juga merupakan anggota pengawal Revolusioner Iran, menurut catatan Bulovali.

Karena ancaman Israel yang meluas menuju Teheran di Irak, Iran telah menempatkan pabrik rudal dan meluncurkan bantalan bawah tanah, mengubah lokasi Depot amunisi milik milisi Hashd Al Shaabi Irak Syiah bersenjata dan didanai oleh Iran, Bulovali Mengatakan.

Iran tidak akan menanggapi serangan secara langsung, tapi mungkin membalas dengan menggunakan proksi Syiah di Timur Tengah, kata Bulovali. Tapi dia juga berpikir bahwa setelah AS keluar dari kesepakatan nuklir, sebuah persamaan politik baru telah berkembang di wilayah ini dan membuat sulit bagi siapa saja untuk membuat berani bergerak melawan negara lain kecuali untuk operasi menunjuk seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Israel.

Para ahli menemukan alasan yang berbeda untuk Israel menargetkan dua kamp Irak tertentu.

Mehmet Alaca, seorang peneliti Turki, yang menulis tesis tentang Hashd Al Shaabi di Exeter University, mengatakan ada dua alasan utama di balik serangan tersebut.

"Pertama, kamp ini adalah tempat dari mana pengawal Revolusioner Iran sedang mengoordinasikan operasi mereka di Suriah, Irak, Yaman dan Libanon," Alaca mengatakan kepada TRT World.

Ia mengacu pada garis keras Israel Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tua pernyataan bahwa Tel Aviv akan bertindak melawan Iran di mana saja, termasuk Irak.

"Kedua, milisi, yang tidak ragu Israel yang paling di Suriah, telah dilatih di kedua kamp menurut berbagai sumber," kata Alaca. Kamp adalah yang terbesar di wilayah tersebut, menurut Alaca.

Dia juga berpikir bahwa dengan menargetkan Camp Ashraf, yang memiliki jarak 40km dari Baghdad, ibukota Irak, dan jarak 80km dari perbatasan Iran, Israel mengirimkan pesan yang jelas ke Iran tentang jarak jauh kemampuan pemogokan militer.

Keheningan misterius Irak

Namun, bahkan lebih membingungkan daripada motif untuk serangan adalah kenyataan bahwa Irak tidak mengakui atau mengutuk serangan Israel dalam cara rezim Assad lakukan setiap kali ada serangan Israel yang dilakukan di tanah Suriah.

"Lebih menarik, Irak tidak menunjukkan respon terhadap serangan sama sekali," kata Alaca. "Telah ada proses rapprochement antara Israel dan Irak sejak tahun lalu," tambahnya.

Menurut diplomat Eropa, para pejabat Israel telah secara rahasia bertemu dengan mitra Irak untuk beberapa waktu dan beberapa pertemuan bahkan telah terjadi di Israel.

Beberapa orang Iran juga menduga bahwa pertemuan ini bertujuan untuk menorduskan hubungan antara Irak dan Israel, dengan mengutip kunjungan tinggi lainnya dari orang Iraqis ke Israel, seperti Nadia Murad, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada 2018, dan Lamiya Aji Bashar, Penerima Penghargaan Sakharov pada 2016.

"Ada alasan objektif yang mungkin memerlukan membangun hubungan antara Irak dan Israel, termasuk bahwa ada komunitas Irak yang penting di Israel, yang masih menghargai karakteristik dan tradisi Irak, terutama dalam pernikahan dan acara lainnya," kata Fareed Yasseen, Duta besar Irak untuk AS, dalam sebuah pernyataan baru-baru ini.

Keheningan Irak atas penyerbuan Israel telah meningkat keprihatinan Iran tentang keadaan hubungan Irak dengan Israel, mencurigai bahwa Baghdad membiarkan Tel Aviv menyerang kepentingan Iran.

Ali Mousavi Khalkhali, seorang wartawan Iran, menduga bahwa Baghdad "secara implisit mengizinkan Israel untuk menyerang tanahnya", sebagai akibat dari hubungan yang berkembang Irak dengan Israel.

Tapi seorang komentator Israel juga berpikir bahwa serangan terhadap kamp yang dijalankan Iran di tanah Irak dapat meningkatkan tekanan Teheran atas Baghdad, menciptakan "bumerang" efek, yang dapat membujuk negara yang robek perang "untuk melayani sebagai perisai Iran" melawan Tel Aviv.
Itsaboutsoul is offline   Reply With Quote
Sponsored Links
Post New Thread  Reply

Bookmarks

Tags
dan, irak, iran, israel, yang



Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
Krisis Iran-AS dan Israel Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 4th July 2019 10:54 AM
Ancaman Iran yang Kredibel terhadap Pasukan AS Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 29th May 2019 01:13 PM
Konflik Israel dan Iran Meningkat di Suriah Itsaboutsoul Forumku Asiaku 0 25th January 2019 10:52 AM
Protes Anti-Pemerintah Mereda, Iran Salahkan Amerika, Israel dan Arab Saudi Itsaboutsoul Forumku Middle East Timur Tengah 0 9th February 2018 09:35 PM
Iran Sangkal Tuduhan Penyerangan Terhadap USS Mason di Yaman hobbymiliter Forum Militer dan Pertahanan | Defence and Military 2 27th October 2016 03:16 PM


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 01:56 AM.


forumku.com is supported by and in collaboration with

forumku.com kerja sama promosi kiossticker.com 5 December 2012 - 4 Maret 2013 Web Hosting Indonesia forumku.com kerja sama promosi my-adliya.com forumku.com kerja sama promosi situsku.com

Peserta Kontes SEO Forumku :

kontes SEO: business review

Positive Collaboration :

positive collaboration: yukitabaca.com positive collaboration: smartstore.com positive collaboration: lc-graziani.net positive collaboration: Info Blog

Media Partners and Coverages :

media partner and coverage: kompasiana.com media partner and coverage: wikipedia.org media partner and coverage: youtube.com

forumku.com
A Positive Indonesia(n) Community
Merajut Potensi untuk Satu Indonesia
Synergizing Potentials for Nation Building

Powered by vBulletin® Version 3.8.7
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions, Inc.
Search Engine Optimisation provided by DragonByte SEO v2.0.37 (Lite) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Google Find us on Google+

server and hosting funded by:
forumku.com kerja sama webhosting dan server
no new posts